Potret Inovasi Pemuda Krui : Menolak Padam Membangun Daerah Asal

Tidak lama lagi, pemuda akan menjadi lapisan masyarakat yang mendominasi dan menjadi penentu kesuksesan Indonesia. Momentum ini dinamakan bonus demografi, yaitu di saat kondisi masyarakat Indonesia akan didominasi oleh usia produktif (15–64 tahun) dibandingkan dengan usia non-produktif. Menurut perkiraan BPS (Badan Pusat Statistik), Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi selama tahun 2030–2040.

Pada kasus di berbagai negara di dunia, bonus demografi ini hanya terjadi satu kali. Jika negara dapat memanfaatkan momentum ini, maka akan terjadi lompatan luar biasa dalam pembangunan negara. Sebaliknya, jika gagal dimanfaatkan, keadaannya akan berbalik menjadi masalah nasional yang serius.

Semangat berkarya dan berdampak untuk menjadi pemuda yang produktif inilah yang dirasakan oleh pemuda-pemudi Krui, yang tergabung dalam Komunitas Potensial.id. Sang founder, Ridho Saputra, yang lahir dan tumbuh di Krui melihat kondisi pemuda yang memiliki semangat dan potensi untuk mengabdi ke daerah asal mereka. Beliau melihat semangat ini perlu dikelola agar menjadi suatu gagasan besar yang dapat mengangkat taraf hidup Krui.

Krui sendiri merupakan ibu kota Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Krui baru diresmikan pada tahun 2012. Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) №63 Tahun 2020, Krui menjadi salah satu daerah yang dikategorikan sebagai Daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

Setelah melakukan observasi lapang, dibentuklah 3 bidang yang menjadi fokus potensial.id diawal berdiri, yaitu pendidikan, pertanian, dan ekowisata. Di bidang pendidikan, terdapat program potensial mengabdi, yang menyasar sekolah-sekolah di pedalaman Krui yang mengalami keterbatasan sarana, prasarana, sekaligus memotivasi para murid untuk semangat melanjutkannya pendidikan hingga setinggi-tingginya. Pada bidang pertanian, mereka mengusung program pelatihan pupuk untuk para petani di Krui. Dan di bidang ekowisata, dilakukan upaya branding potensi wisata Krui yang sangat terkenal akan keindahannya, hingga dijuluki sebagai “Balinya Lampung”.

Setelah beberapa tahun berjalan, pada tahun 2022 potensial.id mengerucutkan kembali programnya sehingga bidang yang difokuskan hanya satu, yaitu bidang pendidikan melalui program potensial mengabdi. Upaya pengerucutan ini dilakukan untuk mempertajam dampak sekaligus memfokuskan sumber daya manusia dalam satu bidang sehingga akan membentuk solusi yang lebih mendalam. Langkah ini diambil setelah dilakukan focus group discussion dengan perangkat desa dan orangtua yang menghasilkan kesimpulan bahwa masalah yang paling mendasar dan genting untuk diatasi adalah masalah pendidikan, diantaranya adalah tingkat buta huruf yang tinggi dan persentase melanjutkan pendidikan tinggi yang masih sangat rendah.

Program Potensial Mengabdi yang menjadi fokus di tahun 2022 telah dilaksanakan di tiga sekolah dasar di Krui. Terdapat inovasi yang unik pada program ini, yaitu didesain tidak hanya untuk murid sekolah dasar, tetapi juga untuk orangtua murid. Pendekatan ini dilakukan karena untuk meningkatkan kesadaran menuntut ilmu dan melanjutkan sekolah setinggi-tingginya, perlu dukungan penuh dan motivasi dari orangtua di rumah. Dalam pelaksanaannya, potensial.id memberikan pembekalan mengenai kondisi anak-anak di zaman sekarang dan betapa melanjutkan sekolah adalah sesuatu yang penting.

Dalam hal ini potensial.id paham akan value chain dari sebuah masalah sosial yang ada di lapangan. Mencari masalah melalui diskusi dengan warga setempat, pemerintah daerah dari bupati hingga kelurahan membuat komunitas ini bisa menentukan solusi yang tepat atas masalah yang timbul.

Kedepannya, potensial.id ingin terus konsisten berinovasi dalam program pendidikan dan mengembangkan cakupan pembelajaran melalui pendidikan informal untuk membekali pemuda Krui dalam meningkatkan keahlian secara praktek yang dapat langsung diimplementasikan. Dalam rangka mewujudkan tujuan dibentuknya potensial.id, yaitu menjadi inkubator pemuda Krui yang terus berdampak dan relevan terhadap kebutuhan. Semangat untuk terus berinovasi demi membangun daerah asal ini ingin ditularkan oleh potensial.id kepada seluruh pemuda di Indonesia untuk terus berkarya dan bersinergi agar terbentuknya gerakan yang besar dan berdampak, baik untuk daerah asal maupun untuk skala nasional.

Ditulis oleh:
Innovation Learning Squad
Social Innovation Hub Indonesia

--

--

Advancing Transformation Through Technology

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store