Design For Better Society

Agile Innovation Labs
2 min readDec 29, 2020

--

Featured image by UXLx (CC BY-NC 2.0)

Takeaway notes dari orasi Don Norman yang dinobatkan sebagai Design Guru 2020 pada kegiatan memorial lecture “Design Guru Day” oleh The Institute of Design di JK Lakshmipat University, Jaipur, India, November 2020:

  1. Designer adalah profesi unik yang didorong untuk bisa memahami semua bentuk “knowledge and skills”, contohnya Industrial designers harus bisa memahami bahan dan metode fabrikasi. Service designer harus bisa memahami journey atau rangkaian aktivitas yang dilalui oleh pengguna ketika menggunakan sebuah produk atau jasa serta hidden pain dan gain dari journey tersebut. Semua spesialisasi desainer harus bisa bekerja dengan berbagai pakar: bekerja dengan programmer, engineer, market and sales, atau dengan tim yang menyediakan customer support.
  2. Peran desain begitu sentral dalam setiap organisasi maupun perusahaan, designer harus menjadi pemimpin dalam berbagai inisiatif, menentukan apa yang akan dibuat, bagaimana cara mendelivernya, siapa penggunanya, dan bagaimana mereka harus dijaga.
  3. Filosofi design HCD atau Human-Centered Design fokus pada keterampilan, kemampuan, dan kebutuhan orang-orang, baik mereka yang menjadi tujuan design maupun mereka yang terlibat dalam proses design yang dihasilkan.
  4. Program pendidikan Human-Centered Design harus fokus penguasaan metodologi bagaimana bisa menemukan dan menyelesaikan masalah inti dari pengguna, HCD harus fokus bagaimana menghasilkan inkremental-inkremental kecil yang dapat dengan cepat diuji dan diiterasi.
  5. Pengetahuan dan keterampilan seorang designer sangat penting dan berguna bagi humanity. Designer adalah seseorang yang memahami sistem yang implikasinya bisa diterapkan di berbagai bidang: degradasi lingkungan, kesehatan, climate change, poverty, HAM, dll
  6. Seorang designer perlu belajar tentang peole and society, tentang teknologi dan dampaknya bagi society, tentang ekonomi dan perdagangan, tentang bagaimana kekuatan politik selama ribuan tahun terakhir telah membentuk dunia seperti sekarang ini atau tentang peran kekuasaan dan pemerintahan.
  7. Dunia yang saat ini begitu kompleks, membutuhkan lebih banyak designer yang bisa berpikir kompleks dengan beragam keterampilan dan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu lainnya. Pendidikan design perlu diubah dimana mahasiswa perlu belajar disiplin ilmu lainnya serta bagaimana mereka bisa menghormanisasi dengan disipin ilmu design yang menjadi pengetahuan dan keterampilan utamanya.
  8. Designer juga perlu mengembangkan keterampilan yang memungkinkan mereka menjadi pembelajar yang cepat, mampu membaca konten dan kontext sehingga mampu bekerja dengan baik dengan pakar dari disiplin ilmu yang lain

Don Norman adalah direktur di The Design Lab University of California, San Diego, dia adalah co-founder dan konsultan Nielsen Norman Group.

--

--